Profil

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)  merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tepatnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi ini berdiri pada tanggal 13 Juni 2017. Nomor SK Pendirian PS 359/KPT/I/2017, dan mulai beroperasi pada bulan September 2017. Program Studi PGSD FKIP UMSU saat ini ber-Akreditasi “B” yang diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2019.

Dalam pengelolaannya Program Studi mengayomi nilai kejujuran yang konsekuen dalam penerapan akademik, keterbukaan/ transparansi akan keberadaannya, serta kepedulian terhadap masyarakat yang merupakan pengguna lulusan dari program studi PGSD untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang Pendidikan Dasar khususnya Guru Kelas SD berdasarkan nilai-nilai keislaman. Hal ini tercantum dalam Visi, Misi dan Tujuan Program Studi yang mengacu dan diselenggarakan dengan Visi, Misi dan Tujuan Fakultas dan Universitas

Program studi PGSD sebagai salah satu pelaksana utama dalam proses menghasilkan sarjana, saat ini mengelola > 410 orang mahasiswa yang diasuh oleh dosen-dosen berpendidikan S-2 dan S-3. Program Studi PGSD dalam kegiatan operasionalnya senantiasa menyelenggarakan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berlandaskan nilai-nilai keislaman yang mana ini merupakan caturdarma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan sebagaimana tercantum dalam visi dan misi yang ada dan hal ini akan tercermin dari program karya yang telah disusun oleh program studi PGSD FKIP UMSU.